Sabtu, 27 Desember 2008

MENYOAL "RUMUS CEPAT"


Setiap siswa tentunya ingin belajar secara instan (cepat), tul ga?
Padahal belajar itu butuh proses lo bu.... seperti bayi juga butuh waktu untuk bisa bicara dengan benar. Sepanjang sejarah tidak pernah terdengar ada bayi yang baru lahir lalu bisa teriak "hore!!! aku bebas, sambil lompat-lompat kesana kemari".

Begitupun belajar matematika bos! tidak bisa "pintar mendadak", sehingga ketika belajar, siswa sering bertanya apa rumus cepatnya? padahal rumus cepat itu berawal dari pemahaman yang komprehensif (menyeluruh). Jadi yang baik itu bukan rumus cepatnya apa? tapi konsepnya udah paham atau belum? oke say...

Rumus cepat sangat tepat jika digunakan untuk soal multiple choice (pilihan ganda) seperti dalam UN karena waktu yang terbatas itupun tidak semua soal ya mbak, catet tuh....
Jadi bagi saya rumus cepat itu penting terutama untuk siswa yang akan menghadapi UN tapi pemahaman konsep itu jauh lebih penting.

Nah...biar lebih jelas saya akan kasih "tips belajar matematika" (ini ijtihad saya, ya!)
1. Kuasai IQRO SATU (lo....ko kayak ngaji)
Maksud saya, iqro 1 dalam matematika itu adalah +, -, x dan :
bisa kita bayangkan jika -5 + 2 saja masih salah, bisa brabe bo.....

2. Pahami betul KONSEP DASAR setiap materi
Jadi jangan hanya hapal rumus coy! misal luas jajar genjang = a x t,
luas layang-layang = 1/2 x d1 x d2, luas trapesium = 1/2 (a+b)xt. Padahal kalo kita ubah jajar genjang, layang-layang dan trapesium itu ke bentuk persegi panjang tentu kita tidak usah menghapal rumus tadi. (kalo di bahas bisa satu hari, nanti aja ya kita kupas yang satu ini).
3. Terakhir perbanyak LATIHAN SOAL
Matematika bukan hanya dibaca dan dihapal saja, tapi yang paling penting adalah banyak mengerjakan latihan soal (problem solving) karena jantung matematika adalah problem solving. Singkatnya tiap bab anda kerjakan minimal 100 soal (wah!!! bisa pingsan donk, ya nggaklah wong kamu chatting-an 5 jam aja ga ngedip-ngedip, ayo ngaku....). wallohu a'lam.


4 komentar:

bisniseka 27 Desember 2008 pukul 18.38  

Yang saya senang dari matematika itu yang problem solvingnya, tapi waktu saya jadi pelajar kok nilai mtmtk sy kecil, jadi masalahnya saya punya masalah dalam memecahkan masala. (kumaha ieu teuh jd bingung sorangan, he he)

revolutionnafsi 30 Desember 2008 pukul 22.10  

setuju.....coz biar ga lama"....tapi kalo g! ujian zka b!ngung....

Asa Sebuah Cinta 30 Desember 2008 pukul 22.10  

Sayah mah setuju we.... cz q senneng yg cepat" He2xx........

Anonim 30 Desember 2008 pukul 22.12  

ia pak alnya rumuz cpat membuat kita buta konsep

About This Blog

  © Blogger template 'External' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP